Cara Mengaktifkan Fitur Balas Otomatis Whatsapp Business

Cara Mengaktifkan Fitur Balas Otomatis Whatsapp Business

Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan balas otomatis pada WhatsApp Business.

1. Away Message (Pesan)
Away Message biasanya digunakan untuk membantu pelaku bisnis tetap terhubung ke konsumen ketika mereka tidak sedang di tempat atau layanan sedang tutup. Fitur ini akan memberikan jawaban otomatis ketika seorang pelanggan mengirimkan pesan.

Caranya :
Tap menu Settings – Business Settings – Away Message, atau kalau yang pakai bahasa Indonesia maka Setelan – Setelan Bisnis – Pesan, kemudian beri tanda centang untuk mengaktifkan fitur ini, dan edit pesan default yang sudah ada, silahkan gunakan kalimat versi Anda. Setelah selesai, tap Save untuk menyimpan perubahan.

2. Greetings Message (Pesan)
Greeting Message atau jika bahasa indonesia makan akan muncul Pesan, juga membantu pengelola bisnis untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen. Fitur ini akan terkirim secara otomatis ke pelanggan yang menghubungi Anda setelah 14 hari tanpa komunikasi.

Caranya: Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu Settings – Business Settings – Greeting Message. atau Setelan – Setelan Bisnis – Salam. Posisikan tombol ke On, kemudian edit kata sambutan yang menurut Anda paling ramah dan membuat pelanggan merasa dihormati. Jangan lupa tap tombol Save untuk menyimpan perubahan.


3. Quick Replies (Balas Cepat)
di WhatsApp Business Anda juga bisa membuat jawaban cepat yang dipicu dengan kata kunci tertentu. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat waktu karena tidak harus mengetik satu atau dua kalimat penuh dari awal.

Caranya : buka menu Settings – Business Settings – Quick Replies atau Setelan – Setelan Bisnis – Balas Cepat. 
Defaultnya ada satu quick replies yang sudah dibuat, yaitu /thanks yang berisi ucapan terima kasih. Anda bisa menambahkan quick replies lain, kita contohkan quick replies untuk permintaan maaf. Tap ikon plus di kanan bawah, kemudian ketik pesan permintaan maaf yang paling sopan, dan juga shortcut pilihan Anda. Terakhir tap tombol Save. Selanjutnya, setiap kali Anda mengetikkan kata kunci /maaf, maka aplikasi akan secara otomatis mengirimkan pesan permintaan maaf versi penuh yang sudah Anda ketikkan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *